Penyakit Anemia - penyebab, gejela dan cara mengobatinya


penyebab anemia karena lelah


Pasee - Pernahkan anda Mendengar kata kata Anemia? Anemia atau kekurangan darah adalah suatu kondisi di mana tubuh anda tidak memiliki sel darah merah yang cukup  untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh. Jika anda merasa lelah dan lemah itu merupakan gejala utama dari Anemia. Selain itu, gejala Anemia biasanya ditandai dengan rasa sakit kepala, pusing dan sesak napas.

Ada banyak jenis jenis dari  anemia, masing-masing dengan penyebabnya sendiri. Anemia bisa bersifat sementara atau jangka panjang, dan bisa berkisar dari ringan hingga berat.  Perawatan dari penyakit  anemia tak harus dengan resep dokter. namun bisa juga dengan mengomsumsi buah buahan. Buah buahan mengandung banyak vitamin dan zat besi, oleh karena demikian buah buahan adalah makanan  terbaik untuk anemia dan akan berkontribusi dalam meningkatkan kadar zat besi dan vitamin dalam tubuh.

1.  Tanda dan Gejala Anemia

Ada beberapa Tanda  dan gejala Anemia Gejala anemia tidak sama seperti umumnya. gejala tersebut dapat berbeda beda diantaranya adalah :

  • Kelelahan
  • Kelemahan
  • Kulit pucat atau kekuningan
  • Detak jantung tidak teratur
  • Sesak napas
  • Pusing atau sakit kepala
  • Tangan dan kaki dingin

Anemia atau kekurangan darah terjadi di karenakan  darah anda tidak memiliki cukup sel darah merah. Jika  Tubuh Anda tidak dapat menghasilkan sel darah merah yang cukup maka akan lebih rentan mengalamai anemia.

2. Jenis  - jenis Anemia

ada berbagai macam  jenis anemia. salah satunya adalah  Anemia defisiensi besi. Ini adalah jenis anemia yang paling umum di seluruh dunia. Anemia jenis ini  disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam tubuh Anda.

Anemia disebabkan karena penyakit tertentu - seperti kanker, HIV / AIDS, rheumatoid arthritis, penyakit ginjal, penyakit Crohn dan penyakit radang kronis lainnya - dapat mengganggu produksi sel darah merah .

Anemia aplastik. Anemia yang langka dan mengancam jiwa bahkan dapat mematikan  ini terjadi ketika tubuh Anda tidak memproduksi cukup sel darah merah. Penyebab anemia aplastik termasuk infeksi, obat-obatan tertentu, penyakit autoimun dan di sebabkan  bahan kimia beracun.

Anemia hemolitik. Kelompok anemia ini berkembang ketika sel-sel darah merah dihancurkan lebih cepat daripada yang bisa digantikan oleh sumsum tulang. Penyakit darah tertentu meningkatkan penghancuran sel darah merah. Anda dapat mewarisi anemia hemolitik, atau Anda dapat mengembangkannya di kemudian hari.

Anemia sel sabit. Kondisi bawaan dan terkadang serius ini adalah anemia hemolitik bawaan. Ini disebabkan oleh bentuk hemoglobin yang rusak yang memaksa sel darah merah untuk menganggap bentuk sabit yang abnormal. Sel-sel darah yang tidak teratur ini mati sebelum waktunya, mengakibatkan kekurangan kronis sel-sel darah merah.

3. Pencegahan


Dalam Pencegahan anemia, kadar zat besi dan vitamin diperlukan untuk diisi kembali dalam tubuh manusia untuk meningkatkan pasokan zat besi dan vitamin dalam darah. Dalam kebanyakan kasus, pasien harus mengambil suplemen zat besi dan vitamin yang diresepkan oleh dokter mereka karena kondisi mereka yang parah. Mereka bahkan harus mengikuti rencana diet sehat untuk mencapai kadar zat besi dan vitamin yang dibutuhkan.


Salah satu cara pencegahan dari penyakit Anemia adalah dengan mengomsumsi  makanan yang kaya vitamin Banyak jenis anemia tidak dapat dicegah. Tetapi anemia defisiensi besi dan anemia defisiensi vitamin dapat dihindari dengan melakukan diet yang mencakup beragam vitamin dan nutrisi, termasuk Besi. 

4. Makanan alami untuk mencegah anemia
Daripada mencari obat atau suplemen berat, orang-orang saat ini banyak yang  mengikuti  cara alami untuk mencegah anemia  Karena makanan alami adalah sumber kaya zat besi dan vitamin. 

bayam 
Bayam adalah sayuran berdaun kaya akan zat besi, kalsium, serat dan oksalat. Ini membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dan mengurangi gejala anemia. Menambahkan bayam ke dalam rutinitas harian Anda akan meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Anda bisa membuat sup bayam dengan merebusnya dan menambahkan bumbu yang disukai atau Anda bisa menyiapkan salad sayuran hijau.

Tomat 
Tomat mengandung banyak vitamin C, yang penting untuk penyerapan zat besi dari makanan. Anda bisa makan tomat mentah setiap hari untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh Anda.

Akar bit 
Beetroot adalah sumber yang kaya akan zat besi dan dianggap sebagai yang terbaik untuk pasien anemia. Ini juga meningkatkan efektivitas sel darah merah dengan memperbaiki dan merevitalisasi mereka. Memiliki segelas jus bit di pagi hari akan meningkatkan jumlah sel darah merah. Dapat dicampur dengan sayuran lain untuk membuat salad.

Daging merah 
Daging merah memiliki sumber zat besi heme. Zat besi heme ditemukan dalam makanan hewani dan cepat diserap oleh tubuh manusia. Para pasien yang menderita anemia defisiensi besi harus mengkonsumsi hati, ginjal dan hati dari daging merah untuk memiliki kandungan zat besi yang tinggi dalam tubuh mereka.

Selai kacang 
Konsumsi selai kacang juga meningkatkan kondisi anemia Anda karena mengandung zat besi. Memiliki dua sendok makan selai kacang setiap hari akan meningkatkan daya serap zat besi tubuh.

Telur 
Telur kekurangan kandungan zat besi di dalamnya tetapi mereka kaya akan antioksidan dan protein. Ini membantu dalam proses perbaikan sel. Orang yang menderita kondisi ini harus menambahkan telur dalam makanan sehari-hari mereka untuk meningkatkan tingkat kekebalan mereka.

Makanan laut 
Ikan dan kerang mengandung setrika heme yang mudah diserap tubuh manusia. Ikan berlemak seperti tuna, salmon, dan kerang seperti tiram dan remis memiliki banyak kandungan zat besi di dalamnya. Orang yang menyukai makanan laut dan menderita anemia dapat memasukkan ini dalam makanan sehari-hari untuk meningkatkan kadar zat besi dalam darah mereka.

Kismis dan kurma 
Buah-buahan kering seperti kurma, kismis, aprikot kering, dan buah persik kaya akan zat besi dan vitamin C. Vitamin C membantu penyerapan zat besi oleh darah. Ini akan meningkatkan kadar zat besi dan vitamin dalam tubuh manusia.

Delima 
Delima tidak hanya mengandung banyak vitamin C tetapi juga sumber yang kaya zat besi dan folat. Orang yang menderita anemia harus mengkonsumsinya. Kandungan zat besi di dalamnya tidak terlalu tinggi tetapi karena kaya akan vitamin C, itu akan membantu dalam penyerapan zat besi oleh darah.

Madu 
Madu gelap adalah madu yang belum diproses yang mengandung banyak mangan, besi, dan tembaga. Orang yang mengkonsumsi madu gelap dengan susu memiliki kadar hemoglobin yang baik dalam darah mereka. Memiliki segelas jus lemon dengan satu sendok makan madu di pagi hari saat perut kosong akan membantu mencegah anemia secara efisien.

Susu 
Susu adalah sumber Vitamin B12 yang menyenangkan. Sebagai makanan serbaguna, susu dapat dicampur dengan buah-buahan sebagai getar atau diambil dengan madu. Ini membantu dalam mencegah gejala anemia dalam kurun waktu singkat.

Apel 
Apel memiliki kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya. Mereka akan membantu dalam penyerapan zat besi di dalam tubuh dan pada akhirnya menghasilkan peningkatan kadar zat besi dalam tubuh. Kulit apel juga kaya serat.

Gandum 
Oat mengandung asam fitat di dalamnya yang dapat menghambat penyerapan zat besi oleh tubuh manusia. Masalah ini dapat dikurangi dengan menggunakan gandum yang diperkaya zat besi. Oat ini kaya akan Vitamin B12, karenanya membantu mencegah anemia.

Roti gandum utuh 
Roti gandum merupakan sumber zat besi yang baik. Roti yang kita gunakan seharusnya tidak mengandung asam fitat karena akan mengurangi kapasitas penyerapan zat besi darah.

Kedelai 
Sangat tinggi zat besi, kedelai sangat fleksibel karena mereka dapat menjadi bagian dari sejumlah hidangan lezat atau dapat dimakan sendiri. Ini rendah lemak dan kadar protein tinggi. Karena mengandung asam fitat, kedelai harus disiapkan sedemikian rupa sehingga kita dapat memperoleh manfaat kesehatan maksimum dari itu.

Gula tetes 
Molase blackstrap kaya akan zat besi, vitamin B dan mineral. Minum molase blackstrap setiap hari dapat memperbaharui kadar zat besi Anda dalam hitungan minggu. Anda juga bisa menggunakan molase untuk memanggang hidangan favorit Anda.

Pisang 
Makan pisang adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi anemia. Buah ini memiliki kandungan zat besi dan kalium yang tinggi di dalamnya. Ini membantu dalam memacu produksi hemoglobin dalam darah.

Jamur 
Jamur adalah cara terbaik untuk mendapatkan setrika Anda. Mereka mengandung riboflavin, niasin, zat besi dan beta-glukan yang membantu mengingatkan sel-sel darah.

Rempah 
Herbal seperti ketumbar, peterseli dan spearmint kaya akan zat besi dan merangsang produksi hemoglobin dalam tubuh.

Diet sehat adalah kunci untuk tubuh yang sehat. Pilih makanan alami ini dan Anda akan melihat perbedaan besar dalam kadar zat besi dan vitamin Anda. Tapi jangan lupa minum obat tepat waktu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Surat Keterangan telah melakukan penelitian (Skripsi) yang baik dan benar

13 Pengonversi PDF To Word Online Terbaik 2019

10 Langkah Mudah Membersihkan Komputer Anda yang Terinfeksi