10 Langkah Mudah Membersihkan Komputer Anda yang Terinfeksi


Memperbaiki komputer yang terinfeksi bukanlah tugas yang sulit, Anda hanya perlu memanfaatkan sumber daya yang tepat pada waktu yang tepat. Di bawah ini, kami akan membagikan beberapa tips yang akan membantu Anda membersihkan komputer Anda yang terinfeksi. Jadi, mari kita periksa beberapa langkah mudah untuk membersihkan komputer yang terinfeksi.

Yah, kita sudah menghadapi situasi seperti itu ketika komputer kita menjadi sangat lambat. Bahkan kami telah menangani kasus ketika program yang diinstal merespons secara lambat, atau beberapa di antaranya tidak merespons sama sekali. Jadi, jika Anda juga mengalami hal-hal seperti itu atau crash tak terduga, maka ada kemungkinan besar komputer Anda terinfeksi.

Anda juga dapat melihat Windows Task Manager untuk memeriksa apakah sistem Anda menggunakan lebih dari penggunaan prosesor, disk, atau memori standar. Ya, memiliki CPU atau penggunaan Disk yang tinggi saat mengonversi video adalah normal, tetapi jika itu menunjukkan penggunaan yang tinggi bahkan pada penggunaan rata-rata, maka ada sesuatu yang mencurigakan.

Sekarang kita semua memiliki akses ke internet, cukup jelas bagi komputer Anda untuk terinfeksi. Jika Anda pernah mengalami aktivitas yang tidak dikenal di komputer Anda seperti sering crash, aplikasi gagal merespons, browser menampilkan iklan yang mengganggu, maka ada kemungkinan lebih besar bahwa PC Anda memiliki masalah dengan malware.

Namun, memperbaiki komputer yang terinfeksi bukanlah tugas yang sulit, Anda hanya perlu memanfaatkan sumber daya yang tepat pada waktu yang tepat. Di bawah ini, kami akan membagikan beberapa tips yang akan membantu Anda membersihkan komputer Anda yang terinfeksi. Jadi, mari kita periksa beberapa langkah mudah untuk membersihkan komputer yang terinfeksi.

# 1 Periksa Gejala

Sebelum melanjutkan ke metode di bawah ini, Anda perlu memastikan bahwa komputer Anda terinfeksi atau tidak. Kesalahan BSOD, atau sering crash, aplikasi tidak merespons, dll. Juga terjadi karena masalah perangkat keras. Jadi, Anda perlu melakukan sedikit penggalian dan periksa gejalanya. Jika komputer Anda dibombardir dengan pesan pop-up, browser membuka halaman web yang berbeda, jika Anda melihat ikon baru di desktop, maka ada kemungkinan infeksi malware yang lebih tinggi.

# 2 Masuk ke Mode Aman

Yah, Safe mode menonaktifkan setiap aplikasi startup, dan hanya memuat hal-hal yang diperlukan. Jadi, jika masalah juga terjadi dalam mode Aman, maka mungkin ada beberapa masalah perangkat lunak atau perangkat keras. Jika masalah tidak terjadi dalam Mode Aman, maka Anda perlu memeriksa aplikasi yang diinstal dan infeksi malware.

# 3 Cadangkan File Penting Anda

Karena Anda memiliki komputer yang terinfeksi, Anda mungkin perlu memformat partisi nanti. Jadi, pastikan untuk mencadangkan file atau folder penting Anda di drive USB. Namun, jangan mencadangkan file program, karena di situlah sebagian besar infeksi bersembunyi. Setelah Anda mencadangkan data Anda, ikuti langkah berikutnya.

# 4 Jalankan Pemindaian Lengkap

Nah, setelah mencadangkan file dan folder terpenting Anda, Anda perlu menjalankan pemindaian sistem yang lengkap. Anda dapat menggunakan Malwarebytes untuk melakukan pemindaian sistem penuh karena itu terkemuka di bagian keamanan. Malwarebytes tidak pernah gagal untuk menghapus malware atau adware yang tersembunyi. Namun, sebelum menggunakan Malwarebytes, pastikan untuk menonaktifkan Windows Defender, atau itu akan berantakan.

# 5 Karantina atau Hapus infeksi

Secara default, Malwarebytes mengkarantina setiap file yang terinfeksi. Fitur Karantina berguna karena Anda dapat langsung mengembalikan file ke komputer Anda. Setelah sesuatu dikarantina, tidak ada program lain yang dapat mengakses file itu. Anda juga dapat menghapus infeksi secara langsung jika file yang terinfeksi tidak lagi berguna bagi Anda.

# 6 Hapus Adware

Setelah menggunakan Malwarebytes, Anda perlu menginstal alat mini lain yang dikenal sebagai AdwCleaner. Karena Malwarebytes hanya menghapus virus dan malware, kita perlu menggunakan AdwCleaner untuk menghapus PUP dan Adwares. Adware dan PUP adalah dua pemain kunci di belakang halaman awal baru di browser web Anda. Jadi, unduh & instal AdwCleaner dan jalankan pemindaian sistem lengkap.

# 7 Nyalakan kembali Komputer Anda

Sekarang Anda telah menghapus infeksi, restart komputer Anda. Setelah restart, gunakan komputer Anda sebentar dan periksa apakah infeksi malware tetap ada. Biasanya, Malwarebytes dan AdwCleaner menghapus semua infeksi terkait malware atau adware, tetapi masih untuk konfirmasi, gunakan komputer Anda untuk sementara waktu.

# 8 Atur Ulang Semua Kata Sandi

Lihat, malware dapat menangkap kata sandi Anda dan meneruskannya ke pembuatnya. Jadi, untuk berada di sisi aman, setel ulang semua kata sandi yang dapat Anda pikirkan termasuk media sosial, situs web, Youtube, Gmail, dll. Setelah mengubah kata sandi, perbarui sistem operasi, peramban, dan aplikasi Anda karena sebagian besar waktu malware dikirimkan oleh eksploit yang ada di versi aplikasi yang lebih lama.

# 9 Perbarui Sistem Pengoperasian

Penting untuk dicatat bahwa bentuk malware atau virus paling berbahaya dikirimkan oleh eksploit yang memanfaatkan perangkat lunak yang ketinggalan zaman. Jadi, memperbarui sistem operasi akan memperbaiki semua eksploitasi yang ada dan mungkin akan membela komputer Anda terhadap ancaman keamanan terbaru. Ini juga salah satu hal pertama yang harus dilakukan pengguna untuk tetap aman.

Sama seperti sistem operasi, malware dan virus juga dapat memanfaatkan aplikasi yang sudah ketinggalan zaman untuk mencapai sistem Anda. Jadi, jika Anda menjalankan versi terbaru dari sistem operasi, maka pastikan untuk memperbarui semua aplikasi juga. Jadi, jika ada pembaruan yang tersedia di perangkat lunak Anda, silakan dan perbarui.

Jadi, ini adalah delapan langkah mudah untuk membersihkan komputer Anda yang terinfeksi. Semoga artikel ini membantu Anda. Jika Anda memiliki keraguan lain atau ingin menyarankan sesuatu yang lain, maka pastikan untuk berbicara dengan kami di kotak komentar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Surat Keterangan telah melakukan penelitian (Skripsi) yang baik dan benar

13 Pengonversi PDF To Word Online Terbaik 2019