10 Tips Mencegah Mabuk Perjalanan Saat Mudik

Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan

Pasee - Tanpa terasa  lebaran sudah di depan mata.  Lebaran menjadi sebuah tradisi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. menjelang lebaran antusias masyarakat menyambut lebaran dilakukan dengan berbagai macam, mulai dari membuat kue guna menjamu sanak saudara, hingga bersusah payah mudik ke kampung halaman guna menjalin silaturrahmi dan menjenguk orang tua, adik, kakak, serta ahli famili lainnya. 

Bebicara tentang mudik pasti sebagaian orang menggeruti keningnya tentang mabuk perjalan. dikarenakan dengan berbagai macam alasan, salah satu satunya lelah dalam perjalanan sehingga mengakibatkan muntah, pusing dan lain sebagainya. Mabuk perjalanan pada umumnya  menyerang anak anak dari usia 2 hingga 12 tahun, wanita hamil dan orang orang yang rentan terhadap migrain. 

Nah, dalam mengatasi permasalahan di atas, saya akan membagikan 10 Tips Mencegah Mabuk perjalanan. 

1. Perhatikan Komsumsi Makanan

Perhatikan konsumsi makanan dan minuman yang beralkohol sebelum dan selama perjalanan. Hindari makanan yang berlebihan sehinnga membuat Anda merasa kenyang yang luar biasa. Makanan  pedas, atau kaya lemak dapat juga memperngaruhi mabuk perjalanan pada sebagian orang.

2. Memilih Tempat Duduk yang Nyaman

Tempat duduk yang nyaman

Tempat duduk yang nyaman juga berpengaruh akan rentan mabuk perjalan pada sebagain orang. Cobalah untuk memilih tempat duduk di mana Anda akan mengalami sedikit gerakan sehingga gerak tubuh serta posisi anda akan terasa lebih nyaman. 

3. Menghindari Bau Makanan yang berbau

Makan yang berbau juga sangat mempengaruhi seseorang mabuk perjalanan. Hindarilah bau makanan yang tidak sedap dan berbau. 

4. Jangan duduk menghadap ke belakang dari arah perjalanan anda.

JJika Anda menggunakan mobil sebagai moda transportasi dan tidak bertugas untuk menyetir, alangkah lebih baik kalau duduk di belakang sopir atau di kursi belakang bagian tengah. Dan jangan duduk menghadap ke belakang arah perjalanan anda. Minta anak memandang ke cakrawala sejauh yang dapat ia lihat. Hal itu akan mengurangi pesan simpang-siur yang diterima otak dari lingkungan sekeliling anak. 

5. Tidak membaca saat kendaraan melaju

Hindari Membaca saat mobil melaju

Berikutnya, Membaca akan membuat pandangan mata  berpindah-pindah, tidak terpaku pada satu titik. Pada saat yang sama, tubuh Anda merasakan dan merespon gerakan-gerakan kendaraan. Akibatnya, terlalu banyak sensasi yang dikirimkan ke otak dan menyebabkan mudah terjadinya mabuk. 

6. Buka Ventilasi atau sumber udara

Bukalah jendela pada sati melintas di jalanan sepi dan berhawa sejuk. serta atur kembali AC pada mobil ke posisi "Cool"  untuk memungkinkan agar udara beredar dengan cepat . 

7. Dengarkan musik yang disukai. 

Musik dapat meredakan  ketegangan dan kekhawatiran seseorang akan munculnya rasa mual. ketiga mendengar musik maka pikiran kita akan terasa tenang dan nyaman sehingga memungkinkan dapat mengatasi mabuk perjalan. 

8. Bawa buah - buahan  untuk bekal. 

bawa buah buahan untuk bekal


Faktanya, Buah-buahan dapat berfungsi  penyedia energi sekaligus penghilang pusing karena kelaparan dan antioksidan yang dapat meredam munculnya kelelahan. Pilih buah yang mengandung air dan mudah dimakan  seperti apel, jeruk, anggur, pir dan Pisang.

9. Jauhi duduk berdekatan dengan orang yang mabuk

pada saat perjalanan mungkin terdapat orang sedang mabuk, maka hindari orang tersebut, dikarenakan akan membuat anda mengalami mabuk juga. 

10. Minumlah obat obatan yang di anjurkan 

Obat-obatan meclizine yang dijual di apotik dapat menjadi langkah pencegahan yang sangat efektif untuk perjalanan singkat atau untuk kasus mabuk ringan. Dokter dapat memilih untuk meresepkan obat untuk perjalanan yang lebih jauh atau jika Anda berulang kali mengalami mabuk perjalanan yang parah. Salah satu contoh obat resep adalah tambalan yang mengandung skopolamin ( Transderm-Scop ) yang sering efektif dalam mencegah mabuk perjalanan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Surat Keterangan telah melakukan penelitian (Skripsi) yang baik dan benar

13 Pengonversi PDF To Word Online Terbaik 2019

10 Langkah Mudah Membersihkan Komputer Anda yang Terinfeksi